Ketahui Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula yang Menjadi Berita Otomotif Paling Banyak Dicari

    No Comments Uncategorized

    Ketahui Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula yang Menjadi Berita Otomotif Paling Banyak Dicari –  Merasakan mengendarai sebuah motor dengan transmisi manual seperti yang terdapat pada motor kopling menjadi sebuah keinginan yang sangat besar bagi sebagian orang yang belum bisa menggunakan motor kopling. Cara kerja dari motor transmisi manual memang berbeda dengan cara kerja dari transmisi otomotis. Hal inilah yang menjadi penyebab mengendarai motor kopling dianggap sulit bagi sebagian orang.

    Kopling pada motor berfungsi untuk meneruskan putaran dari poros engkol ke transmisi perseneling. Dalam proses itulah gigi kopling akan berfungsi. Menurut beberapa berita otomotif, kopling yang umum digunakan pada motor adalah kopling tipe basah dengan plat ganda. Hal ini berarti kopling dan kompenan yang terdapat didalamnya akan terendam dalam oli yang terdapat pada mesin motor.

    Cara kerja kopling pada motor bisa dilihat dari handle kopling pada batang kemudinya. Jika handle kopling pada buting kemudinya ditarik, secara bersamaan pelat tekan dan pelat gesek akan dijepit oleh sebuah piring penekan (clutch pressure plate). Cara kerja ini dibantu oleh pegas kopling, sehingga tenaga putar dari poros engkol sampai pada roda belakang.

    Menurut berita otomotif terpopuler, kopling memiliki 3 jenis, yaitu sistem motor kopling manual, sentrifugal dan ganda. Untuk mengendarai sebuah motor kopling, pilihlah motor yang mudah untuk dikendarai dan dianggap nyaman. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengendarai motor kopling adalah menggunakan peralatan keselamatan saat berkendara seperti helm, jaket dan sepatu.

    Selanjutnya pilihlah tempat yang sekiranya tidak terlalu banyak kendaraan yang berlalu lalang agar Anda merasa aman saat mencoba mengendarai motor kopling. Karena Anda seorang pemula, mulailah dengan menyalakan mesin motor dalam posisi netral. Setelah menyalakan mesin Anda harus mulai menarik tuas kopling, kemudian tekan secara perlahan.

    Jika melihat beberapa berita otomotif, setelah menekan tuas kopling Anda harus mulai memasukan gigi transmisi ke posisi gigi 1 dengan menggunakan kaki sebelah kiri. Langkah ini dilakukan agar motor yang Anda kendarai bisa berjalan. Saat berada pada posisi gigi 1, lepas tuas kopling yang sebelumnya di tekan secara perlahan. Saat melepas tuas kopling, tarik tuas gas motor secara perlahan.. Setelah motor mulai melaju, atur keseimbang stang kemudi dengan motor Anda.

    Untuk melakukan perpindahan gigi, lepaskan tarikan tuas gas secara perlahan. Kemudian tarik tuas kopling dan masukan ke posisi gigi 2 dengan cara ditekan menggunakan kaki kiri. Anda akan dikatakan mahir dalam mengendarai motor kopling jika Anda sudah pandai mengatur gas, perpindahan kopling, dan keseimbangan tubuh Anda

    Demikianlah pembahasan mengenai berita otomatif, cara mengendarai motor kopling bagi pemula. Apakah Anda mulai tertarik untuk menggunakan motor kopling? Selamat mencoba.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *